Rabu, 29 Februari 2012

kisi-kisi Bahasa Indonesia dan Contoh Soal Menurut SKL

1). Indikator Soal : Disajikan Kutipan teks berita, siswa dapat menentukan isi teks berita tersebut

SOAL 1:
Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.
SOAL 2:
Banjir kembali melanda Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu (21/7). Ini merupakan yang ketiga kalinya dalam dua bulan terakhir. Banjir akibat hujan yang berlangsung dalam tiga hari ini merendam 300-an rumah di Desa Jiplatan dan Asam-Asam.
. . . .
Pokok berita di atas adalah . . . .
a. Banjir melanda desa Jiplatan dan Asam-Asam.
b. Dalam dua bulan terakhir terjadi 3 kali banjir.
c. Banjir berlangsung selama tiga hari.
d. Banjir merendam 300-an rumah.

Soal 3:
Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.
Soal 4:
Striker Flamengo yang juga mantan bintang Inter Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga di Eropa. Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan gemilang si Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru. “Saya tak menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah kebahagiaan dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir panjang dan membicarakannya dengan beberapa teman, “ ungkapnya.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B. Adriano dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo di Liga Brasil.
C. Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di Eropa.
D. Flamengo telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa dan Amerika.




2). Indikator Soal : Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi kedua teks berita tersebut
SOAL 1 :

Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru, Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan untuk tidak melalui jalur Puncak. Pengguna kendaraan diminta mencari jalan alternatif. Hal itu untuk menghindari kemacetan di jalur Puncak.

Teks Berita 2
Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang menuju kota Bandung dan sekitarnya tidak melalui jalur Puncak. Para pengguna kendaraan diminta melalui tol Cipularang atau lewat jalur Sukabumi.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A. Pengguna kendaraan diminta tidak melewati jalur Puncak.
B. Rencana pemberlakuan satu jalur di Puncak menjelang tahun baru.
C. Pengalihan tujuan pengguna kendaraan yang menuju Bandung.
D. Padatnya pengguna kendaraan dan rencana pengalihan pada akhir tahun
SOAL 2:
Teks 1
Salah satu dari dua mesin pesawat Boeing 737-800 milik Cina Airlines (Taiwan) meledak dan membakar seluruh badan pesawat di Bandara Naha, Okinawa, Jepang, Senin (20/8). Ledakan terjadi beberapa saat setelah pesawat tiba dari Taiwan. Seluruh 165 penumpang dan awak pesawat selamat.
Teks 2
Akibat mengabaikan peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika, dua kapal motor, KM Fajar Mas dan KM Mutiara Indah, Kamis dan Jumat (20/7) pekan ini, tenggelam di perairan Majene, Sulawesi Barat. Semua awak kapal selamat, namun kemarin dua nakhoda kapal motor berikut para awaknya masih dimintai keterangan oleh aparat Polres Majene. Mereka dinilai mengabaikan aspek-aspek keselamatan pelayaran.
. . . .
Persamaan berita di atas adalah . . . .
a. kecelakaan
b. pesawat meledak
c. kecelakaan transportasi
d. tenggelamnya kapal motor

Soal 3:
Teks 1
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya maintenance dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi mengenai penerbangan sipil karena tidak ada sanksi tegas regulator.

Teks 2
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. “Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca. Karena itu, 70% dominan faktor manusianya, jadi tidak bisa 100% menyalahkan alat-alat yang dianggap kurang akurat,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . .
a. penyebab hilangnya pesawat Adam Air
b. jumlah korban kecelakaan pesawat
c. tiga faktor penyebab kecelakaan pesawat
d. dua faktor penyebab kecelakaan Adam Air

SOAL 4:
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.
3). Indikator Soal : Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan perbedaan isi kedua teks berita tersebut
SOAL 1:
Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.

SOAL 2:
Teks 1
Lima penumpang tewas dan 210 luka-luka dalam kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) pukul 00.06. Akibatnya, perjalanan kereta lintas selatan terganggu.
Teks 2
Terjadi kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang di Dusun Gununglurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) dini hari.
Perbedaan penyajian kedua teks berita di atas adalah . . . .
a. Teks 1: berapa – bagaimana – kapan, Teks 2: apa – kapan – berapa
b. Teks 1: berapa – apa – bagaimana, Teks 2: apa – di mana – kapan
c. Teks 1: apa – berapa – kapan, Teks 2: bagaimana – kapan – berapa
d. Teks 1: berapa – kapan – bagaimana, Teks 2: apa – berapa – kapan


Soal 3:
Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa


4). Indikator: Disediakan sebuah kutipan biografi, siswa dapat menentukan keunggulan atau hal-hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut.
1. Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia.
Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Menekuni profesi dengan giat berlatih
b. Menekuni profesi sebagi pesepakbola
c. Menjadi striker utama di timnas
d. Mengorbankan keluarga untuk meniti karir

2.Hal yang merupakan keunggulan tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
a. Menekuni profesi dengan giat berlatih
b. Menekuni profesi sebagi pesepakbola
c. Menjadi striker utama di timnas
d. Mengorbankan keluarga untuk meniti karir

3. Berbekal keberanian tampil di depan orang banyak, Marlina Ningsih, ibu dari Risco Novianto yang sekarang bekerja di Bagian Hubungan Masyarakat Setkab Nunukan, akhirnya bisa menginjakkan kakinya di istana negara dan gedung MPR/DPR RI di Jakarta.
Hal positif dari tokoh di atas adalah . . . .
a. memiliki anak yang bernama Risco Novianto
b. bekerja di Bagian Hubungan Masyarakat Setkab Nunukan
c. mampu mengambil kesempatan
d. membiasakan diri tampil di depan orang banyak

4. Watak tokoh dalam kutipan biografi pada soal di atas adalah.....
a. berani
b. ulet
c. pintar
d. rajin

5. Setiap sisi kehidupan dari tokoh besar selalu menarik untuk diketahui dan disimak karena di dalamnya mengandung banyak hikmah yang bisa dijadikan teladan atau pelajaran bagi orang lain untuk peningkatan kualitas diri. Demikian juga dengan sosok negarawan yang dikenal sebagai salah satu Bapak Proklamator Indonesia ini.
Tokoh yang diceritakan dalam penggalan riwayat tokoh tersebut adalah . . . .
a. Amien Rais
b. Rudi Hartono
c. Mohammad Hatta
d. Yusuf Kalla

5). Indikator: menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan
Soal 1
Perhatikan iklan berikut!
Dicr: staf Akt Wnt, Meng. Lap. Keuangan. Min. SMA Plus/D3, Bs Comp, Usia max.30th. Dtg lsg&Bw CV Ke: Jl. Kalibata Selatan No. 16, Pasar Minggu (Depan Gedung Tranka)
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan iklan di atas adalah . . . .
a. Pekerjaan yang ditawarkan dalam iklan di atas adalah staf akuntan.
b. Orang yang berhak mengisi lowongan tersebut adalah wanita yang mengerti laporan keuangan
c. Orang yang berhak mengisi lowongan tersebut adalah wanita dengan pendidikan terakhir SMA Plus atau D3.
d. Orang yang dapat mengisi lowongan tersebut adalah lulusan D3 dan usia minimal 28 tahun

Soal 2
Perhatikan iklan berikut!
DICARI
Asisten Apoteker (AA) Llsn Farmasi, Berpengalaman/ blm untuk Apotek di Keling Jepara.
Hub: Ambar HP: 085249380532
Iklan di atas termasuk iklan . . . .
a. layanan masyarakat
b. undangan
c. pemberitahuan
d. permintaan
Soal 3
Perhatikan iklan berikut!
Hadiri dan Saksikan!!
Pameran dan Bursa Buku
di
Diamond Convention Centre
Tanggal 8-13 Novemeber 2008
Tersedia Berbagai Macam Buku
Harga Paling Murah
Koleksi Buku Lengkap
Harga Diskon
Fakta yang terdapat dalam penggalan iklan tersebut adalah . . . .
a. pameran dan bursa buku di Diamond Convention Centreb. semua merek ada di sini
c. harga paling murah
d. kualitas terjamin

Soal 4
Perhatikan potongan iklan berikut!
Direktur dan Segenap Staf
RSUD Ulin Banjarmasin
Mengucapkan
Selamat dan Sukses
Atas Terpilihnya Bapak Suhastono
Sebagai Bupati Tabalong
Semoga berhasil menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai pusat agrobisnis
Opini yang terdapat dalam penggalan iklan tersebut adalah . . . .

a. Direktur dan Segenap Staf RSUD Ulin Banjarmasin mengucapkan Selamat dan Sukses.
b. Terpilihnya Bapak Suhastono sebagai bupati.
c. Direktur RSUD Ulin Banjarmasin mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Terpilihnya Bapak Suhastono sebagai bupati
d. Semoga berhasil menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai pusat agrobisnis

6). Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut
SOAL 1 :
Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
B. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.

Soal 2:
Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
D. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.

Soal 3
Limbah atau hasil buangan kapal, sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan pengaruh sampah-sampah dan gas buagn tersebut terhadap kehidupan di laut. Padahal mereka tahu bahwa laut juga merupakan sumber kehidupan nelayan. Ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya akan pergi ke laut yang lebih dalam. Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran laut tersebut.
Kesimpulan dari bacaan singkat tersebut adalah…
a. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut.
b. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut akan mencemari laut yang menjadi sumber penghidupan nelayan.
c. Para penumpang tidak menghiraukan pengaruh sampah terhadap kehidupan biota laut.
d. Air laut yang tercemar tidak dapat lagi digunakan sebagai tempat hidup ikan dan terumbu karang.

Soal 4
Berlaku curang pada saat mengukuti ulangan jika tidak diketahui guru memang menguntungkan. Bayangkan saja, tanpa harus bersusah-susah belajar, siswa yang berlaku curang mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran yang diteskan. Namun, mereka tidak sadar bahwa kelakuan mereka ini menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian. Siswa yang dengan bersusah payah belajar mempersiapkan ulangan, nilainya lebih rendah daripada siswa yang berlaku curang dengan menjiplak jawaban temannya atau dari buku pelajaran dan catatan. Lebih parah lagi, si pelaku merasa bangga dengan nilai yang didapatkannya. Mereka tidak peduli akan teman lain yang berlaku jujur, nilainya lebih rendah daripada mereka. Bahkan, mereka menyalahkan teman-temannya karena tidak berani berlaku curang. Padahal siswa yang tidak berlaku curang telah berlaku jujur ketika mengikuti ulangan.
Simpulan yang tepat untuk bacaan tersebut…
a. Si pelaku kecurangan merasa bangga dengan nilai yang didapatkan.
b. Tanpa harus belajar, siswa yang berlaku curang akan mendapatkan nilai yang baik.
c. Berlaku curang ketika mengerjakan ulangan menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian.
d. Kita merasa prihatin terhadap tindakan siswa yang suka berlaku curang.

Soal 5
Limbah atau hasil buangan kapal sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan pengaruh sampah-sampah dan gas buang tersebut terhadap kehidupan di laut. Padahal mereka tahu bahwa laut juga merupakan sumber penghidupan nelayan. Ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya akan pergi ke laut yang lebih dalam. Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran laut tersebut.
Simpulan isi bacaan di atas adalah…
a. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan di laut.
b. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut akan mencemari laut yang menjadi sumber penghidupan nelayan.
c. Para penumpang tidak menghiraukan pengaruh sampah terhadap kehidupan biota laut.
d. Air laut yang tercemar tidak dapat digunakan sebagai tempat ikan dan terumbu karang.

7). Indikator : mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Soal 1: Perhatikan diagram berikut:


Jenis ekskrakurikuler yang paling banyak diminati siswa kelas I SMP Widya Guna adalah ….
A. PMI
B. Kesenian
C. Volly
D. Pramuka


Soal 2: Perhatikan tabel berikut!







Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut adalah ...
A. Bagaimana cara pedagang mendapatkan sarung dan baju koko?
B. Berapa banyak sarung yang terjual di bulan Oktober dan November?
C. Berapa banyak sarung dan baju koko yang terjual tiap tahunnya?
D. Mengapa penjualan baju koko paling sedikit di bulan September?



Soal 3: Perhatikan bagan berikut!





Pernyataan yang sesuai dengan bagan tersebut adalah ...
a. Ketua OSIS bertanggung jawab langsung kepada anggota OSIS.
b. Pengurus OSIS bertanggung jawab kepada pembina OSIS.
c. Ketua OSIS membawahi seksi-seksi.
d. Bendahara membawahi seksi Olah Raga dan Keagamaan

Soal 4: Cermatilah grafik berikut!



Simpulan isi grafik tersebut yang tepat adalah …
a. Koperasi Siswa SMP Kartika tahun 2006 mengalami kenaikan.
b. Perkembangan koperasi SMP Kartika setiap tahun meningkat.
c. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami kenaikan dari tahun 2002 s.d. 2003.
d. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami kenaikan drastis pada tahun 2007.

Soal 5: Perhatikan tabel berikut


Informasi yang sesuai dengan tabel tersebut adalah…
A. Jumlah pasien rawat jalan selalu meningkat setiap tahun.
B. Jumlah pasien rawat jalan dan rawat inap cenderung meningkat.
C. Setiap tahun jumlah pasien rawat inap cenderung menurun.D. Setiap tahun jumlah pasien rawat inap cenderung meningkat

8). Indikator : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
SOAL  1

Bacalah puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal-soal berikut!
...
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
...

Tema puisi tersebut adalah ...
A. Persahabatan
B. Kelelahan
C. Perdamaian
D. Kepercayaan
SOAL 2

Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah ...
A. semangat
B. tegang
C. sunyi
D. gembira

Soal 3
Ada Tilgram Tiba Senja
....
Ada podang pulang ke sarang
Tembangnya panjang berulang-ulang
pulang ya pulang, hai petualang!
Ketapang. Ketapang yang kembang
Berumpun di perigi tua
Anakku datang anakku pulang
Kembali kucium, kembali kuraba

Tema puisi tersebut adalah ....

A. Bunga yang berkembang
B. Pulangnya anak tersayang
C. Kegembiraan seorang anak
D. Pulangnya sang kepodang
Soal 4
HAMPA
Sepi di luar
Sepi menekan mendesak
Lurus kaku pohonan
Tak bergerak
Sampai ke puncak
Sepi memagut
Segala menanti, menanti, menanti
Sepi
Tambah ini menanti jadi mencekik
Memberat mencekung punda
Sampai binasa segala. Belum apa-apa.
Karya Chairil Anwar
Amanat yang tepat dalam puisi tersebut adalah . . . .
a. Hendaknya jangan membuat sseorang harus menunggu.
b. Menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan.
c. Menunggu adalah pekerjaan yang menyedihkan manusia.
d. Hendaknya seseorang menghindari kebiasaan menunggu.

Soal 5
GURU SEJATI
Wajahmu lembut
Penuh kasih sayang
Kau selalu tersenyum
Bila anak murid menyambutmu
. . .
Karya Kadarwati
Kata bersinestesia terdapat pada larik . . . .
a. pertama
b. ketiga
c. kedua
d. keempat

Soal 6
 HIDUP DAN PESAN NABI
Hidup bagaikan garis lurus tak pernah kembali ke masa yang lalu
Hidup bukan bulatan bola yang tiada ujung dan tiada pangkal
Hidup ini melangkah terus semakin mendekat ke titik akhir
Setiap langkah hilangkan jatah menikmati hidup nikmati dunia
Kalimat bermajas perbandingan pada kutipan puisi karya Taufiq Ismail di atas terdapat pada larik . . . .
a. kesatu
b. ketiga
c. kedua
d. keempat

Soal 7
SURAT DARI IBU
Pergi ke dunia luas anakku sayang
pergi ke hidup bebas
selama angin masih angin buritan
dan matahari pagi menyinari daun-daunan
dalam rimba dan padang hijau
Suasana puisi tersebut adalah . . . .
a. mengharukan
b. mengecewakan
c. menyedihkan
d. menjengkelkan



Soal 8
Suatu senja di kala sunyi
Nelayan itu berjalan tegap
Ke arah debur ombak berbunyi
Dikelilingi cuaca gelap
(“Nelayan” karya Helmi Nasution)
Penggalan puisi di atas menceritakan . . . .
a. para nelayan yang pergi melaut setelah sore tiba di rumah
b. para nelayan yang seharian mencari ikan di laut lepas baru kembali setelah larut malam
c. para nelayan yang mencari ikan di laut lepas pada malam hari dan pagi hari baru kembali
d. para nelayan yang mencari ikan di laut lepas baru mendengar suara ombak setelah malam hari

Soal 9
Perhatikan penggalan puisi berikut!
1). Kutulis surat ini
2). Kala hujan gerimis
3). Dan angin bertiup
4). Mengelus daun cemara
Larik yang bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor . . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

 Soal 10
Waktu BBM naik
Darah tinggi ayahku kumat menaik
Aku pun tidak jadi minta uang saku ikut naik.
Waktu BBM naik
Tetanggaku semua jadi panik
Mengapa gaji suami mereka makin terusik.
Waktu BBM naik
Mahasiswa makan tempe tidak lagi dengan uang secarik
Mogok makan akhirnya jadi kegiatan asyik.
Waktu BBM naik
semuanya naik dan naik
Hanya nilai raporku yang tidak naik.
Karya: Aulia Rizali
Puisi di atas lebih menonjolkan . . . .
a. makna
b. majas
c. rima
d. diksi

Soal 11.
Ladang Petani
Karya A. Hasjmi

Tersisih jauh di luar kota,
Mendatar ladang setentang mata,
Dalamnya penuh tanam-tanaman,
Senang riang pandangan mata,
Damai aman hati dan sukma,

Di tengah-tengah tanaman muda,
Petani berdiri dengan senangnya,
Memandang ladang penuh kejayaan,
Tumbuh-tumbuhan banyak macamnya hanya membayangkan datang zaman sentosa,
Isi puisi tersebut tentang …
a. Keindahan sawah lading
b. Tanaman siap panen
c. Suasana di daerah pertanian
d. Tumbuhan petani bermacam-macam.

9). Indikator : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Soal 1
Di balik pegunungan, di dekat pohon-pohon cemara, di tempat burung-burung gagak mengoak, hidup seorang penyihir sakti. Ia tinggal di atas puncak pepohonan yang sudah tua. Dan ketika turun hujan, dengan kesaktiannya dia menyihir sebuah rumah yang megah.
Pada suatu hari, Penyihir Sakti berkata kepada muridnya, si Penyihir Kecil
“Perhatikan! Aku sudah menurunkan semua kesaktianku kepadamu selama 99 malam purnama. Sekarang pergilah dan tunjukkan pada dunia apa yang kamu peroleh selama ini.” Maka Penyihir Kecil segera berkemas. Ia membawa tongkat sakti, sepasang kaos kaki hangat, dan segenggam angan-angan.
….
(Sumber: “Penyihir Kecil Dunia” dalam Bobo No 24, 18 September 2003)
Tema yang tepat dari penggalan cerita anak tersebut …
a. Kesombongan
b. Keberanian
c. Keteladanan
d. Kesetiaan

Soal 2
Kita para juri berkeliling mencicipi masakan, Farida sangat tegang. Apalagi saat manunggu pengumuman pemenang. Dan ketika kelompok Farida kelaur sebagai pemenang pertama, ia seperti merasa sedang bermimpi.
“Ah, akhirnya aku punya prestasi juga!” gumamnya di dalam hati. Ia berhasil lolos untuk mengikuti lomba se-Kota Bandung.
Pendukung Farida, teman sekelasnya di SMP Teladan, berdatangan menghampirinya.
“Rid, puding tahunya buat aku separo ya!”
Dan seperti biasanya, Farida tidak banyak bicara. Ia hanya tersenyum, tetapi sangat gembira. Akhirnya, ia bisa mentraktir teman-temannya dengan hasil masakannya.
Penceritaan kembali cerita anak tersebut adalah …
a. Farida sangat senang karena telah dapat menjuarai lomba menulis resep makanan.
b. Akhirnya kelompok Farida mendapat juara pertama pada lomba masak. Ia sangat senang karena akhirnya ia mempunyai prestasi yang dapat ia banggakan.
c. Farida merasa minder karena ia tidak pernah mendapatkan prestasi.
d. Kelompok Farida sangat senang karena ditraktir oleh Farida

10). Indikator Soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan karakteristik kedua novel tersebut

SOAL 1 :
Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan saksama!

Kutipan I
Difa pun mengangguk. Di perjalanan pulang, Difa berpikir, Yanto telah salah menilai Abah. Abah itu ramah. Selain itu lucu, perutnya yang buncit berguncang saat ia tertawa.
Kutipan II
Aku paling sebal kalau adikku bertanya-tanya terus. Padahal aku sedang berkonsentrasi belajar.
“Kevin, jawab dong, kalau adikmu tanya!” seru mamaku. Selalu itu teriakan mama, jika aku tidak menggubris pertanyaan adikku.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ...

A Kutipan I: Tokoh yang terlihat banyak, Kutipan II: Tokoh yang terlihat dua
B Kutipan I: Sudut pandang diaan, Kutipan II: Sudut pandang akuan
C. Kutipan I: Latar tidak jelas, Kutipan II: Latar jelas
D Kutipan I: Amanat jelas, Kutipan II: Amanat tidak jelas

Soal 2:
Kutipan I
Ingin rasanya aku berteriak mendengar pertanyaan bodoh adikku ini. Biasanya aku akan bilang, ”Ya enggak gitu, bodoh!” Tapi Mama sudah melarangku mengatakan kata itu lagi. Katanya, anak baik tidak boleh berkata kasar.
”Priska tidak bodoh, Vin. Dia ingin pintar seperti kamu,” kata Mama.
Kutipan II
Ah, mau tak mau, ia harus pergi ke warung bu Rustam. Ia tak mau menolak permintaan ibunya. Warung itu berjarak dua rumah dari rumah Abah. Tanpa terasa, kini Difa berada di depan gang. Siang itu tampak sepi. Mungkin anak-anak di sekitar Blok II belum pulang.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ....
A. Kutipan 1: Tokoh yang terlihat banyak ; Kutipan 2: Tokoh yang terlihat dua
B. Kutipan 1: Sudut pandang akuan ; Kutipan 2: Sudut pandang diaan
C. Kutipan 1: Latar jelas ; Kutipan 2: Latar tidak jelas
D. Kutipan 1: Amanat tidak jelas; Kutipan 2: Amanat jelas

Soal 3
Simaklah kutipan sinopsis dua buah novel berikut:
Salah Asuhan :
Sewaktu Hanafi mengemukakan isi hatinya, Corrie menolak secara halus. Corrie merasa tidak mungkin berhubungan karena perbedaan budaya. Corrie adalah peranakan Eropa, sedangkan Hanafi orang pribumi.
Untuk menghindari Hanafi, Corrie pindah ke Betawi. Di Betawi, dia menegaskan kembali kepada Hanafi mengenai hubungan mereka melalui surat. Dia meminta Hanafi untuk melupakan dirinya. Menerima surat tersebut, Hanafi sangat terpukul dan jatuh sakit.
Selama sakit, Hanafi banyak mendapat nasihat dari ibunya. Ibunya membujuknya untuk menikahi wanita pribumi pilihan ibunya. Karena cintanya ditolak oleh Corrie, dia menerima tawaran ibunya. Hanafi pun menikah dengan Rapiah.
Perkawinan yang tidak didasari perasaan cinta itu membuat keluarga Hanafi-Rapiah tidak bahagia. Hanafi sering menyakiti hati Rapiah.

Layar Terkembang :
Pada suatu hari keluarga Raden Wiraatmaja dikejutkan oleh hasil diagnosis dokter yang menyatakan bahwa Maria mengidap penyakit TBC. Semakin hari kesehatan gadis itu semakin melemah sekalipun ia telah menjalani perawatan intensif. Maria yang periang dan lincah seperti kehilangan semangat hidupnya. Hal ini membuat Yusuf merasa sedih. Pemuda itu mendampingi kekasih hatinya dengan setia. Namun, penyakit TBC yang diderita Maria semakin hari semakin parah sehingga tak lama kemudian Maria pun meninggal dunia. Sebelum ia menghembuskan napasnya yang terakhir, ia meminta kekasihnya untuk menerima kakaknya sebagai penggantinya.
Setelah Maria meninggal dunia, Tuti dan Yusuf menjalin hubungan kasih. Mereka pun sepakat untuk menikah.

Perbedaan unsur intrinsik kedua novel tersebut adalah . . . .
a. Tokohnya mengalami sakit.
b. Temanya kasih tak sampai.
c. Temanya cinta yang tulus
d. Sudut pandang (point of view) cerita.


11). Indikator Soal : Disajikan kutipan naskah drama siswa dapat menentukan suasana yang tergambar pada naskah drama tersebut

SOAL 1 :
Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan dua soal berikut:
Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir)
Guru : Bisa saja istri kamu, Ut.

Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ...
A. santai
B. tegang
C. haru
D. seram


Soal 2
Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ....
A. rumah guru C. ruang kerja
B. rumah Masut D. ruang kelas


Soal 3 :
Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan dua soal nomor di bawahnya!

Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk)
Dimi : Ka …ka ... kami tidak bawa hp (gugup).
Brilian : Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus: Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)
Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95).
Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan!
Timmy : Siap, bos!

Suasana kutipan drama tersebut adalah ...
A. haru
b. sedih
c. tegang
D. seram


Soal 4 :

Latar kutipan tersebut adalah ...
A. gudang
B. kamar
C. garasi
D. rumah



12). Indikator Soal : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan catatan buku harian sesuai dengan ilustrasi tersebut

SOAL 1 :

Setelah satu semester menunggu, Sabtu, 20 Desember 2008 tepatnya pukul 08.30, rapor dibagikan oleh wali kelas. Andi Gunawan, peringkat pertama di kelas IX-9. Pengumuman itu mewujudkan impian Andi selama ini. Andi bersyukur kepada Tuhan.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Sabtu, 20 Desember 2008. Andi diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Akhirnya, impian Andi terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengabulkan doanya.
B. Sabtu, 20 Desember 2008, tepatnya pukul 08.30. Wali kelas mengumumkan bahwa Andi mendapat prestasi yang membanggakan di kelas IX-9. Andi peringkat pertama di kelas.
C. Sabtu, 20 Desember 2008. Saat pembagian rapor di kelas IX-9. Saya bangga karena Andi mendapat peringkat pertama. Hal itu, sangat membanggakan bagi Andi.
D. Sabtu, 20 Desember 2008, tepatnya pukul 08.30. Namaku diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Wow ... akhirnya, impianku terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengabulkan doaku.

Soal 2
Siang itu, tepatnya Rabu 14 Januari 2009, Audrey ditegur Pak Tanto karena lupa mengerjakan PR. Audrey sangat malu ditegur di depan teman sekelasnya. Ia beranji tidak akan lalai lagi.
Berdasarkan ilustrasi tersebut kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat memalukan. Tak disangka, Pak Tanto guru yang dikagumi Audrey, menegur Audrey. Ia sangat kecewa pada Pak Tanto, guru matematika itu.
B. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang tidak akan dilupakannya. Pak Tanto guru yang sangat dikagumi, menegur gara-gara Audrey lupa tidak mengerjakan PR.
C. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat berat bagi Audrey. Pak Tanto guru matematika itu, menegur gara-gara Audery lupa tidak mengerjakan PR.
D. Rabu, 14 Januari 2009, hari itu aku merasa sangat malu. Sedih sekali. Pak Tanto guru yang kukagumi, menegurku gara-gara aku lupa tidak mengerjakan PR. Aku janji tidak akan lupa lagi.

Soal 3

Senin, 10 Juni 2006 Nelly terlambat bangun. Biasanya ia bangun pukul 05.00, gara-gara ia nonton final “World Cup” antara Perancis melawan Italia. Kebiasaan rutinnya seperti menyapu dan membersihkan tempat tidur pun tidak dikerjakan.
Kalimat yang tepat dituliskan dalam buku harian berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . . . .
a. Aku bangun kesiangan, ibu marah-marah karena pekerjaan rutinku tidak kukerjakan gara-gara aku nonton sepak bola.
b. Hari ini, Senin 10 Juni 2006, aku bangun kesiangan gara-gara menonton siaran langsung final “World Cup” dan itu membuat ibuku marah-marah karena pekerjaan rutinku tidak kukerjakan.
c. Gara-gara aku nonton sepak bola, aku bangun kesiangan dan ibuku lupa membangunkan aku sehingga pekerjaan rutinku tidak kukerjakan padahal biasanya aku bangun pukul 05.00.
d. Gara-gara aku bangun kesiangan, ibuku membangunkan aku setelah pukul 07.00. Ini karena tadi malam aku nonton final “World Cup” sampai larut malam.

 Soal 4
Kutipan kalimat di buku harian berikut semuanya ekspresif, namun yang bernilai positif adalah . . . .
a. Hari ini aku bosan banget. Soalnya nggak ada kegiatan apapun. Jadi pengen tidur melulu. Kucoba menyapu halaman, eh ... malah menguap terus. Setelah itu, kubawa aja jalan-jalan ke rumah teman, masih saja menguap melulu. Akhirnya kubawa aja ke tempat tidur sampai puas.
b. Hai, diary. Hari ini saya senang sekali karena nilai bahasa Indonesia saya cukup memuaskan. Tapi, saya tidak terpaku sampai di sini, justru ini adalah motivasi saya untuk lebih siap saat ujian nasional nanti. Kalau dipikir-pikir ngeri juga ya dengar kata ujian nasional, tapi mau gimana lagi, itu sudah kewajiban siswa kelas tiga, seperti saya ini.
c. Dear diary. Hari ini gak ada yang berkesan. Semuanya kulewati seperti biasanya. Pagi upacara bendera. Setelah itu kami kembali belajar di kelas. Pokoknya semuanya biasa aja deh....
d. Hari ini aku telat bangun pagi. Gara-garanya aku tadi malam terlambat tidur karena aku mengerjakan tugas dari sekolah.

Soal 6
Pada hari libur saya berkunjung ke rumah Saputro Andi (1). Dia teman sekelasku dan biasa di panggil Andi (2). Sesampainya di rumah tersebut, saya bertemu dengan seorang bapak (3). Kemudian saya bertanya kepadanya, “Pak, Andi ada ?”. “ada “,saya sendiri menjawabnya (4). Saya malu, rupanya Andi adalah nama Ayahnya (5).
Kejadian yang menarik pada catatan buku harian di atas terdapat pada kalimat ke ….

a. ( 1 )
b. ( 3 )
c. ( 4 )
d. ( 5 )

Soal 7
Salah satu catatan buku harian yang paling menarik adalah ....
a. Kamis, 9 Februari 2010
Diundang teman untuk berlibur di Pantai Parangtritis. Orang tua mengizinkan.
Sangat gembira
b. Jum’at, 21 April 2010
Jatuh terpeleset di depan rymah, kaki sakit, cari tukang pijit.
c. Kamis, 14 desember 2010
HUT-ku yang ke-14. Ada pesta sederhana di rumah. Teman yang diundang lebih 20 orang. Teman yang datang, maka …….!
d. Minggu, 17 Desember 2010
Ke rumah teman, pulang sudah malam, lupa membuat PR bahasa Indonesdia. Guru marah.
13). Indikator Soal : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan isi pesan singkat yang sesuai ilustrasi tersebut
SOAL 1 :
Kepala Sekolah meminta kepala tata usaha membuat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru. Undangan itu ditujukan kepada staf dan guru.

Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Buat laporan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk staf dan guru.
B. Segera buat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru, untuk staf dan guru.
C. Buat daftar hadir rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk staf dan guru.
D. Rapat pembentukan panitia siswa baru untuk staf dan guru segera dilaksanakan.

Soal 2:
Ketua OSIS hendak mengadakan rapat pengurus. Ia menugasi sekretaris agar menyiapkan surat undangan rapat.

Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Harap segera secepatnya susun surat undangan.
B. Segera siapkan surat undangan rapat pengurus.
C. Segera siapkan daftar hadir rapat pengurus secepatnya.
D. Harap edarkan surat undangan rapat pengurus yang dibuat.

14). Indikator Soal : Disajikan ilustrasi berupa data hasil kegiatan, siswa dapat menentukan laporan yang tepat berdasarkan data tersebut/resensi/pengumuman

SOAL 1 :
Hasil Lomba Kebersihan Kelas
SMP Harapan Tahun 2009
Juara I Kelas VII A Nilai 389
Juara II Kelas IX C Nilai 386
Juara III Kelas VIII B Nilai 368

Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ...
A. Hasil lomba kebersihan kelas, SMP Harapan tahun 2009 adalah sebagai berikut. Kelas VII A mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Urutan nilainya adalah 389, 386, dan 368.
B. Secara berturut-turut hasil kebersihan kelas SMP Harapan tahun 2009 yaitu Kelas VII A mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Dengan jumlah perolehan nilai 386, 389, dan 368.
C. Selama lomba kebersihan kelas SMP Harapan tahun 2009 dapat dilaporkan sebagai berikut. Kelas VII A mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Urutan nilainya adalah 386, 368, dan 389.
D. Hasil lomba kebersihan kelas SMP Harapan tahun 2009 adalah sebagai berikut. Kelas VIII B mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VII A juara ketiga. Perolehan nilainya adalah 389, 386, dan 368.


SOAL 2:
(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat.
(2) Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan.
(3) Kesempatan yang baik itu, kami abadikan.
(4) Pendakian itu kami lakukan, saat liburan kenaikan kelas.
(5) Maklum baru pertama kali, di sana kami melihat hujan salju.
(6) Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah ...
A. (6), (4), (2), (1), (3), (5)
B. (4), (3), (2), (5), (2), (1)
C. (6), (5), (4), (3), (1), (2)
D. (4), (3), (2), (6), (5), (1)

Soal 3:
(1) Terpancar wajah berseri, saat penghuni panti diajak bernyanyi.
(2) Mereka memberi sumbangan dana dan mengadakan hiburan organ tunggal.
(3) Kami berbaur bersama dalam kegembiraan.
(4) Kegiatan itu dipusatkan di Panti Wredatama.
(5) Kegiatan itu berakhir tepat pukul 16.00.
(6) OSIS SMP Bunda melakukan kegiatan bakti sosial.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah....
A. (6), (4), (2), (1), (3), (5)
B. (4), (3), (2), (5), (2), (1)
C. (6), (5), (4), (3), (1), (2)
D. (4), (3), (2), (6), (5), (1)


SOAL 4 :
Perhatikan paragraf berikut!
Pada tahun 1960, pemerintah menentukan penggunaan tanah seluas 552 hektar sebagai tempat rekreasi. Daerah rekreasi di bagian tengah seluas 137 hektar inilah kemudian terkenal sebagai Taman Impian Jaya Ancol. Untuk melaksanakan pembangunan daerah Ancol, pemerintah membentuk sebuah panitia dan sekaligus menunjuk Gubenur DKI Jakarta sebagai penanggung jawab. Pembangunan dimulai bulan Oktober 1962 oleh Citra Engineering, sebuah perusahaan kontraktor Perancis, dan selesai pada bulan Februari 1966.

Judul yang tepat untuk paragraf laporan tersebut adalah ….
A. Taman Impian Jaya Ancol
B. Pembangunan Taman Impian Jaya Ancol
C. Sejarah Berdirinya Taman Impian Jaya Ancol
D. Silsilah Terbentuknya Taman Impian Jaya Ancol

Soal 5:
Sebagai Ketua OSIS, kamu ditugasi mengundang pengurus OSIS untuk hadir di ruang rapat pada pukul 14.00 dalam rangka membahas program kerja. Untuk hal tersebut, kamu membuat pengumuman.
Kalimat pengumuman yang sesuai ilustrasi tersebut adalah . . . .
a. Semua pengurus OSIS harap hadir di ruang rapat hari ini untuk membahas program kerja..
b. Untuk membahas program kerja, pengurus OSIS diharapkan hadir di ruang rapat pukul 14.00.
c. Semua pengurus OSIS diminta hadir di ruang rapat pukul 14.00.
d. Pengurus OSIS diminta hadir di ruang rapat pukul 14.00 untuk membahas program kerja.

Soal 6
OSIS hendak mengadakan berbagai kegiatan lomba dalam rangka HUT sekolah. Untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut, OSIS akan mengadakan rapat pengurus pada hari Sabtu, 21 Agustus 2004, pukul 13.00, di ruang Kaur Kesiswaan.
Kalimat pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . . . .
a. Dimohon kehadirannya segenap pengurus OSIS pada rapat persiapan pelaksanaan lomba pada hari Sabtu, 21 Agustus 2004 di ruang Kaur Kesiswaan.
b. Mengharap kehadiran segenap pengurus OSIS pada rapat persiapan pelaksanaan lomba pada hari Sabtu, 21 Agustus 2004 pukul 13.00.
c. Diberitahukan pada seluruh pengurus OSIS, rapat persiapan pelaksanaan lomba, pada hari Sabtu, 21 Agustus 2004 pukul 13.00 di ruang Kaur Kesiswaan.
d. Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan lomba pada hari Sabtu, 21 Agustus pukul 13.00 diadakan rapat seluruh pengurus OSIS.

Soal 7:
Pada hari Ahad tanggal 2 Mei 2008 setelah mengadakan upacara bendera untuk memperingati Hari pendidikan Nasional. Seluruh siswa SMP Bakti harus hadir untuk mengikuti upacara tersebut, tepat pukul 08.00 WITA.
Berdasarkan ilustrasi di atas pengumuman yang tepat adalah . . . .
a. Hari Pendidikan Nasional akan diperingati pada tanggal 2 Mei 2008 di SMP Bakti pukul 08.00 WITA.
b. Seluruh siswa SMP Bakti pada hari Jumat 2 Mei 2008 pukul 08.00 WITA wajib mengikuti upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.
c. Pukul 08.00 WITA Hari Pendidikan Nasional akan diperingati pada tanggal 2 Mei 2008 di
d. Hari Pendidikan Nasional akan diperingati pada tanggal 2 Mei 2008 di SMP Bakti pukul 08.00 WITA.

Soal 8:
Kalimat dalam resensi yang memuat tentang pembahasan ikhtisar/ isi buku yang diresensi adalah ....
a. Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini.
b. Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolahan data.
c. Buku ini penting dibaca karena sebagai penuntun bagi orang tua, atau siapa pun, yang ingin mengamankan keluarga dan lingkungan di sekitarnya dari jerat narkoba.
d. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.

Soal 9:
Perhatikan kutipan data buku berikut!
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat resensi yang tepat untuk menggambarkannya adalah . . . .
a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpikir keras.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
d. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap

Soal 10:
Perhatikan kutipan resensi berikut!
Kelebihan film ini terletak pada adegan kejar-kejaran yang digarap serealistis mungkin. Dari segi cerita, dapat juga diambil sisi positifnya. Keteguhan sang tokoh terhadap perjanjian awal yang telah disepakati sebelumnya adalah hal yang patut ditiru. Tapi ingat, jangan meniru adegan dalam film tersebut, terutama anak-anak.
Kalimat terakhir pada kutipan resensi tersebut kurang tepat, perbaikannya adalah . . . .
a. Amanatnya, jangan suka mencuri, karena mencuri itu dosa dan menyusahkan orang lain.
b. Film ini tidak cocok untuk ditonton oleh anak usia dini karena mengandung adegan sadis
c. Namun, mengingat banyaknya adegan kekerasan, maka film ini tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak.
d. Terlalu banyak adegan kekerasan berupa pembunuhan dan penembakan dalam film ini

Soal 11
1) Buku yang berjudul Matinya Media:Perjuangan Menyelamatkan Demokrasi disunting oleh Danny Schechter.2) Buku tersebut mengulas perkembangan media massa yang mulai mengancam masa depan demokrasi. 3) Sampul buku tersebut berwarna biru tua. 4) Namun, bahasa yang digunakan masih terlalu sulit dipahami.
Kutipan isi buku terdapat pada kalimat ….
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)

15). Indikator Soal : Disajikan sebuah surat resmi/surat dinas yang rumpang bagian tanggal surat dan isinya, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut.
Soal 1
Perhatikanlah kutipan surat berikut!
Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, SMP Harapan Bakti akaln menyelenggarakan lomba baca puisi tingkat SMP se-provinsi. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:
hari, tanggal : Senin, 26 s.d. 28 April 2009,
pukul : 8.00 s.d. 14.00 WIB,
tempat : Aula SMP Harapan Bakti.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.
Isi balasan yang tepat surat dinas tersebut adalah…
a. Berkaitan dengan permohonan izin Saudara dalam rangka memperingati Hardiknas yang akan dilaksanakan pada Senin, 26 s.d. 28 April 2009, pada dasarnya kami setuju, silakan dilaksanakan sebaik-baiknya.
b. Silakan saja, laksanakan dengan sebaik-baiknya. Koordinasi dengan petugas terkait. Jika telah dilaksanakan segera melaporkan hasilnya.
c. Jangan ragu-ragu untuk melaksanakan peringatan Hardiknas. Laksanakan dengan sebaik-baiknya jika sudah selesai harap lapor.
d. Saya dukung terus, laksanakan peringatan Hardiknas, koordinasi dengan petugas terkait secepatnya laksanakan.

Soal 2
Perhatikanlah surat undangan berikut!
Dengan ini kami mengundang Anda untuk menghadiri rapat rutin awal tahun pelajaran 2010/2011 yang akan diselenggarakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 7 Agustus 2010,
waktu : pukul 9.00 – 11.00 WIB,
tempat : Aula SMP Prapanca, Bogor,
acara : Ketetapan Uang Dana Bulanan Tahun Pelajaran 2010/2011.
….
Kalimat penutup surat undangan tersebut yang tepat adalah…
a. Atas kehadiran dan doa restu Bapak/ Ibu kami ucapkan terima kasih.
b. Atas waktu yang diluangkan, kami ucapkan terima kasih.
c. Kehadiran Bapak/ Ibu sangat kami harapkan tepat pada waktunya.
d. Mengingat pentingnya acara tersebut, kami mengharapkan Bapak/ Ibu dapat tepat waktu. Atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Soal 3
Perhatikan kutipan alamat surat berikut!
Kepada
Yth. Bapak Direktur PT Angin Topan
Jalan angkasa baru No.50
Jakarta Timur
Perbaikan penulisan alamat surat tersebut yang tepat adalah…
a. Yth. Direktur PT Angin Topan
Jalan angkasa baru No.50
b. Yth. Direktur PT Angin Topan
Jalan Angkasa Baru 50
Jakarta Timur
c. Yth. Direktur PT angin topan
Jalan Angkasa Baru No.50
Jakarta Timur
d. Yth. Direktur pt Angin Topan
Jl. Angkasa Baru 50
Jakarta Timur
16). Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut

SOAL 1:
Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.

Rangkuman bacaan tersebut adalah...
A. Masker membuat kulit wajah berseri.
B. Fungsi masker dan penggunaannya.
C. Gunakan masker sesuai dengan kulit.
D. Masker lumpur mengurangi lemak.

Soal 2:
Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan.

Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.

Rangkuman bacaan tersebut adalah ...
A. Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukan.
B. Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
C. Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
D. Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.


17). Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan slogan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut
Soal 1 :
Untuk meningkatkan kepedulian warganya tentang kesehatan, Abdullah, Lurah Desa Makmur membuat slogan.

Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ...
A. Lingkungan hidup asri dambaan kita.
B. Gaya hidup bersih cermin perilaku sehat.
C. Hijau lingkunganku pasti nyaman hidupku
D. Hidup sehat dengan makan banyak.

Soal 2 :
Untuk meningkatkan disiplin menjaga kebersihan lingkungan, OSIS SMP Idola mengadakan lomba kebersihan kelas.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah...
A. Jika semuanya bersih, hati ini bersih.
B. Lingkungan bersih, nyaman di hati
C. Ikuti lomba kesehatan sekolah kita.
D. Hijau lingkunganku, hijau sekolahku.

Soal 3
SMP Harapan mengadakan acara pentas seni dalam rangka syukuran melepas siswa kelas IX yang telah berhasil lulus ujian tahun 2008.
Kalimat slogan yang tepat sesuai dengan lustrasi tersebut adalah . . . .
a. Pentas seni merajut tali kasih.
b. Merdu suara mendayu-dayu.
c. Sekali seni tetap seni.
d. Syukuran kita jalin silaturahmi.

Soal 4
Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya di kalangan para remaja melalui festival musik dan tari daerah, slogan yang tepat adalah . . . .
a. Budayaku, budayamu, budaya kita semua.
b. Seni itu indah karena itu harus dilestarikan.
c. Gerak tari dan musik membuat kita selalu ceria.
d. Beragam musik dan tari nusantara adalah kekayaan yang sangat berharga.

Soal 5
Sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia digunakan sebagai alat untuk menjalankan administrasi negara, yaitu dipakai dalam kegiatan surat-menyurat resmi, peraturan perundang-undangan, pertemuan resmi, dan lain-lain.
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . . .
a. Berbahasa Indonesia yang baik dan benar harus digalakkan di sekolah.
b. Berbahasa Indonesia yang baik dan benar dibiasakan sejak dini.
c. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar wajib disosialisasikan.
d. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar cermin cinta bahasa.

18). Indikator : Menulis iklan sesuai konteks
Soal 1 :
Untuk mengingatkan warga agar menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan hidup, ketua RT 08/11, mengajak sekretarisnya untuk memasang slogan di setiap gang di wilayah RT tersebut.
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . . .
a. Kebersihan mohon selalu dijaga bersama.
b. Mari menjaga kebersihan untuk kenyamanan hidup.
c. Lingkungan bersih menyebabkan hidup penuh kebahagiaan.
d. Bersih lingkunganku, nyaman hidupku.
Soal 2 :
Paman hendak menjual sebidang tanahnya yang berada di pinggir jalan. Lokasi tanah di jalan Gajahmada, Magelang. Tanah tersebut seluas 1.000 m2. Meskipun begitu rumah paman bertelepon, yaitu 7721939. Agar tanah yang akan dijual tersebut cepat laku, ia memasang iklan di koran.
Kalimat iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . . . .
a. Tanah dijual seluas 1.000 m2. Lokasi pinggir jalan. Lokasi berada di Magelang, harga dapat dikompromikan. Hubungi segera paman Koko.
b. Tanah seluas 1.000 m2 dijual. Pinggir jalan Magelang lokasinya. Hrg. dapat disepakati bersama. Tanpa perantara, segera menghubungi kami.
c. Dijual tanah, luas 1.000 m2. Lokasi strategis untuk usaha. Hrg. nego. Peminat serius hub. 7721939.
d. Dijual rumah, luas 1.000 m2. Jln. Gajahmada Magelang. Cocok untuk usaha. Hrg. nego. Hub. 7721939.

Soal 3 :
Perhatikan iklan berikut!
Dicr: staff Akt Wnt, Meng. Lap. Keuangan. Min. SMA Plus/D3, Bs Comp, Usia max.30th. Dtg lsg&Bw CV Ke: Jl. Kalibata Selatan No. 16, Pasar Minggu (Depan Gedung Tranka)
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan iklan di atas adalah . . . .
a. Pekerjaan yang ditawarkan dalam iklan di atas adalah staf akuntan.
b. Orang yang berhak mengisi lowongan tersebut adalah wanita yang mengerti laporan keuangan
c. Orang yang berhak mengisi lowongan tersebut adalah wanita dengan pendidikan terakhir SMA Plus atau D3.
d. Orang yang dapat mengisi lowongan tersebut adalah lulusan D3 dan usia minimal 28 tahun

Soal 4:
Perhatikan iklan berikut!
DICARI
Asisten Apoteker (AA) Llsn Farmasi, Berpengalaman/ blm untuk Apotek di Keling Jepara.
Hub: Ambar HP: 085249380532
Iklan di atas termasuk iklan . . . .
a. layanan masyarakat
b. undangan
c. pemberitahuan
d. permintaan
19). Indikator Soal : Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat

SOAL 1:
Petunjuk Mengkritik Suatu Karya
(1) Miliki pengetahuan yang cukup tentang hal yang akan dikritik.
(2) […]
(3) Buat catatan objektif tentang kelebihan dan kekurangan.
(4) […]
(5) Sampaikan kritik dengan bahasa yang santun.

Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat ...
A. (2) Mengkritik berarti memberikan penilaian yang objektif.
    (4) Bila mendapat kritikan terima dengan hati yang lapang.
B. (2) Pelajari dengan cermat karya yang akan dikritik.
    (4) Pikirkan kembali sebelum kritik disampaikan.
C. (2) Berikan bantahan jika kritikan tidak sesuai dengan fakta.
    (4) Pikirkan kembali sebelum kritik disampaikan.
D. (2) Mengkritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal.
    (4) Kekurangan yang tidak objektif, dapat kita bantah.


Soal 2:
Menghilangkan Rasa Sakit karena Tertusuk Duri
(1) Ambillah sebatang sereh kemudian memarkan sedikit!
(2) […]
(3) Lalu bakarlah di atas api sampai cukup panas!
(4) […]
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar dengan sendirinya!
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ...
A. (2) Sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit!
    (4) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
B. (2) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
    (4) Tempelkan sereh yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri!
C. (2) Tempelkan batang sereh yang sudah dipanaskan tadi!
    (4) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
D. (2) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya!
    (4) Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa sebelum dibakar!


20). Indikator Soal : Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat
SOAL 1 :
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Ulangi beberapa kali sehingga mata kelihatan segar dan tidak bengkak.
(2) Jika kapas itu kering, basahilah kembali.
(3) Setelah itu basahilah dengan air es.
(4) Ambil kapas secukupnya kemudian bagilah menjadi dua bagian.
(5) Lalu diamkanlah beberapa menit.
(6) Letakkanlah kedua kapas lembap tersebut pada kedua belah mata.

Petunjuk menghilangkan bengkak mata yang tepat adalah ....
A. (4), (6), (2), (3), (5), (1)
B. (4), (6), (1), (3), (2), (5)
C. (4), (3), (5), (6), (1), (2)
D. (4), (3), (6), (5), (2), (1)


Soal 2:
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Biarkan parutan kentang di wajah selama kurang lebih 90 menit!
(2) Tempelkan parutan kentang merata ke seluruh wajah!
(3) Parutlah kentang yang sudah dicuci tersebut!
(4) Sediakan 2 buah kentang yang besar lalu cuci sampai bersih!
(5) Setelah mengering, basuhlah dengan air biasa sampai bersih!
(6) Lakukan hal ini setiap malam menjelang tidur!

Susunan yang tepat, petunjuk menghilangkan bekas jerawat adalah ....
A. (4), (2), (6), (1), (5), (3)
B. (4), (1), (3), (2), (5), (6)
C. (4), (6), (2), (5), (1), (3)
D. (4), (3), (2), (1), (5), (6)
21). Indikator : menulis teks pidato
Soal 1 :
Dalam acara pengukuhan Pengurus OSIS SMP Rembulan, Aji yang terpilih sebagai ketua OSIS yang baru memberikan pidato sambutan.
Bagian isi pidato sambutan Aji yang tepat adalah ...
A. Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.
B. Tingkatkan kinerja kalian sebagai pengurus OSIS yang baru. Segera susun program kerja yang jelas dan terarah.
C. Selamat kepada pengurus baru yang terpilih. Bapak yakin, kalian mampu menjadi tim yang solid dan saling mendukung.
D. Terima kasih kepada semua yang telah memilih saya. Untuk menjalankan amanah ini, saya berharap dukungan dari semua pihak.


SOAL 2 :

Terus terang, pagi ini kami sangat senang dan bahagia. Berhasil menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya adalah cita-cita kami.
Dalam kesempatan ini kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada ibu dan bapak guru yang telah membimbing kami. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa membalas jasa ibu dan bapak guru.
Kami sadar bahwa selama belajar di sekolah ini, kami sering berbuat kesalahan. Oleh karena itu, kami mohon maaf. Demikian pula untuk adik-adik kelas VII dan VIII, kami minta maaf atas semua kesalahan kami selama bergaul dan bermain bersama.
[…]

Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah...
A. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian ibu dan bapak guru serta adik-adik, kami ucapkan terima kasih.
B. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kalian dapat melanjutkan ke sekolah pilihanmu. Atas perhatian semuanya, terima kasih.
C. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian kalian semua, bapak guru ucapkan terima kasih.
D. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian dan partisipasi dan sumbangan semuanya, kami ucapkan terima kasih.

SOAL 3 :

SMP Pembina melaksanakan program OSIS penyuluhan tentang penyalahgunaan narkoba dengan mendatangkan narasumber kondang. Sebagai ketua OSIS, Rehan menyampaikan tujuan kegiatantersebut.

Bagian isi pidato Rehan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Selamat pagi saya ucapkan kepada Kepala Sekolah, narasumber, Bapak dan Ibu guru, dan teman-teman yang telah hadir pada acara ini.
B. Bapak ibu dan teman-teman, pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga bisa melaksanakan program ini.
C. Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar kita bisa menjaga diri, tidak terjerumus dan terjebak dalam dunia narkoba.
D. Teman-teman, sesuai dengan program yang telah disepakati mari ikuti kegiatan ini. Semoga teman-teman bisa mengambil hikmahnya.

22). Indikator Soal : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan permasalahan karya ilmiah yang tepat/daftar pustaka
Soal 1:
Tema: Belajar kelompok meningkatkan prestasi

Rumusan masalah yang sesuai tema tersebut adalah ...
A. Siapa sajakah yang belajar kelompok, prestasinya meningkat?
B. Belajar kelompok seperti apakah yang dapat meningkatkan prestasi?
C. Belajar kelompok yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan prestasi?
D. Apakah dengan belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi?

Soal 2:
Identifikasi masalah:
1. Apakah limbah kemasan plastik dapat dimanfaatkan?
2. Bagaimana pengelolaan limbah kemasan plastik menjadi bermanfaat?

Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah ...
A. Limbah kemasan plastik selama ini menjadi masalah. Limbah plastik itu ternyata dapat menjadi sumber tambahan pendapatan bagi keluarga. Limbah plastik dapat bermanfaat jika dikelola dengan cara daur ulang.
B. Limbah plastik yang diolah dengan baik dapat menambah pendapatan bagi keluarga. Oleh sebab itu, mari kita manfaatkan supaya memberi keuntungan bagi kehidupan masyarakat yang semakin sulit.
C. Plastik selama ini memang menjadi masalah karena tidak bisa berurai dengan tanah seperti halnya sampah daun dan sampah makanan. Limbah kemasan plastik ini selamanya akan tetap menjadi masalah bagi kita.
D. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata limbah kemasan plastik dapat menambah pendapatan keluarga. Limbah plastik yang bermasalah akhirnya dapat dicarikan solusinya. Mari kita mulai memanfaatkan limbah kemasan plastik.

SOAL 3 :
Tema: Meningkatkan prestasi belajar
Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah...
A. Siapa sajakah yang prestasi belajarnya meningkat?
B. Kapan kita dapat meningkatkan prestasi belajar?
C. Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar?*
D. Apakah dengan belajar dapat meningkatkan prestasi?

SOAL 4:
Identifikasi masalah:
1. Apakah sampah dapat dimanfaatkan?
2. Bagaimana pengelolaan sampah agar bermanfaat?

Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah …
A. Sampah selama ini dianggap sesuatu yang menjijikkan. Jika dikelola dengan baik, sampah akan bermanfaat bagi manusia. Bagaimana mengelola sampah agar bermanfaat? Hal itu yang akan diteliti dalam karya ilmiah ini.
B. Sampah yang dikelola dengan baik menjadi salah satu alternatif pengganti minyak bumi yang kian menipis. Mari kita manfaatkan sampah di sekeliling kita sebaik-baiknya. Karena sampah jika dikelola dengan baik akan memberi keuntungan.
C. Sampah dibedakan menjadi dua. Sampah basah dan sampah kering. Sampah basah adalah sampah yang berasal dari limbah rumah tangga. Sedangkan contoh sampah kering adalah sampah yang berupa plastik, kertas, dan bekas kemasan.
D. Berdasarkan hasil penelitian, sampah yang selama ini dianggap menjijikkan ternyata dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti minyak tanah. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan dan kelola sampah secara maksimal dan profesional.


SOAL 5 :
Simpulan karya ilmiah
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan kecakapan hidup (life skill) siswa memerlukan fasilitas penunjang yang variatif dan kepedulian seluruh pihak pada sekolah.

Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah ...
A. Pimpinan sekolah terus aktif membangun kerja sama dengan swasta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
B. Peningkatan kecakapan hidup juga tidak melulu pada aspek akademis semata
C. Perlu diadakan fasilitas penunjang yang variatif dalam mengelola sekolah agar program life skill tercapai
D. Dalam merumuskan pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah lebih berorientasi pada upaya peningkatan pelayanan professional kependidikan.

SOAL 6
Kerangka karya tulis yg benar adalah .....
a. halaman judul, kata pngantar, daftar isi, pndahuluan, pmbahasan, pnutup, simpulan, dan daftar pustaka
b. kata pngantar, halamn judul, dftar isi, pendhuluan, pmbahsan, penutup, simpulan, dan daftar pustaka
c. hlmn judul, daftar isi, kata pngantr, pndhuluan, pembhasn, simpulan/saran, daftar pustaka, penutup dftar
d. kta pngntar, halamn jdul, dftr isi, pndahuluan, pmbhasn, simpuln, pustaka, dan penutup daftar


Soal 7:

Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!

Secara keseluruhan SMP di provinsi DKI Jakarta telah siap menyongsong sekolah masa depan, sebab seluruh indikator sekolah masa depan telah dipenuhi oleh sebagian besar SMP di provinsi DKI Jakarta.
Namun demikian masih diperlukan upaya peningkatan secara maksimal, khususnya bagi sekolah-sekolah swasta yang kecil. Demikian juga masih perlu dikembangkan pengelolaan sekolah yang mendukung terciptanya sekolah masa depan.

Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah ...
A. Upaya peningkatan sumber daya manusia yang utama dilakukan melalui pembangunan sektor pendidikan
B. Namun dari keunggulan tersebut apakah SMP di Provinsi DKI Jakarta dapat memanfaatkan dan mengembangkan fasilitas yang dimilikinya sehingga benar-benar terkontruksi sebagai sekolah masa depan?
C. Pentingnya pemberdayaan SMP kecil (jumlah siswa sedikit) melalui pembinaan manajemen dan bantuan operasional pendidikan sehingga mampu menjadi sekolah masa depan
D. Pendidikan tidak saja menambah pengetahuan, akan tetapi juga meningkatkan keterampilan bekerja yang akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja.


SOAL 8 :
Penulisan daftar pustaka yang benar adalah . . . .
a. Sugiyono, 1997, Statistik untuk Penelitian, Bandung: CV Alpabeta.
b. Sugiyono. 1997. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alpabeta.
c. Sugiyono. 1997, Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alpabeta
d. Sugiyono. 1997. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alpabeta

Soal 9
Perhatikan identitas buku berikut!
Pengarang : Abdul Rozak
Judul Buku : Kalimat Efektif
Penerbit : PT Gramedia
Kota tempat terbit : Jakarta
Tahun terbit : 1986
Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan identitas buku tersebut adalah . . . .
a. Rozak, Abdul. Kalimat Efektif. Jakarta: PT Gramedia. 1986.
b. Rozak, Abdul. 1986. Kalimat Efektif. Jakarta: PT Gramedia.
c. Abdul, Rozak. 1986. Kalimat Efektif. Jakarta: PT Gramedia.
d. Abdul, Rozak. Kalimat Efektif. Jakarta: PT Gramedia. 1986.

23). Indikator : Menyunting kalimat,ejaan/tanda baca,pilihan kata
Soal 1
Kesadaran orang … membuat raga makin bugar semakin tinggi. Jika bosan berolahraga di taman kota, cobalah berolahraga di pantai. Selain mendapat suasana baru, udara di pantai lebih segar dan bersih … jauh dari polusi.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragrap tersebut …
a. untuk, sehingga
b. agar, untuk
c. untuk, karena
d. supaya, sebab

Soal 2
Pada beberapa daerah pedesaan yang belum tersentuh jaringan PAM, air bersih kadang jadi barang langka. Pada kondisi itu diperlukan tehnologi tepat guna yang mampu menciptakan air bersih dari sumber air yang sudah tercemar.
Kata yang perlu disunting adalah . . . .
a. beberapa dihilangkan, jadi diganti menjadi, barang dihilangkan
b. pada diganti di, tehnologi diganti teknologi
c. pada diganti di, beberapa dihilangkan
d. beberapa dihilangkan, tehnologi diganti technology

Soal 3
Kebun Pak Karta cukup luas. Kebun itu akan ditanami palawija (1). Oleh karena itu, dia mengolah tanahnya dengan memberikan pupuk (2) dan melakukan pembibitan (3) yang baik. Ia berharap panen (4) tahun ini melimpah.
Susunan istilah yang tepat pada paragraf tersebut menjadi kamus kecil adalah . . . .
a. (2), (1), (3), (4)
b. (3), (1), (4), (2)
c. (1), (2), (3), (4)
d. (1), (3), (4), (2)


Soal 4
 Humor (1) harus disampaikan dengan cara (2) yang baik. Jangan memakai kekurangan orang atau cacat (3) teman sebagai humor. Meskipun lucu jangan menyakiti hati teman yang dilucukan (4). Humor seperti itu bukanlah humor yang cerdas (5).
Kata-kata bercetak miring dalam paragraf tersebut jika diurutkan dalam bentuk kamus kecil, urutan yang tepat adalah . . . .
a. (3), (2), (1), (4), (5)
b. (3), (2), (5), (1), (4)
c. (3), (2), (4), (5), (1)
d. (3), (1), (2), (4), (5)

24). Indikator Soal : Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai ilustrasi tersebut (dilucukan diubah menjadi lucu)
SOAL 1 :
Perhatikan larik-larik pantun berikut!
1).Mendapat kawan senang rasanya
2).Bila dimasak dan dimakan
3).Tentu boleh kita berkenalan
4).Ikan laut enak rasanya
Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan . . .
a.4 – 3 – 2 – 1
b.1 – 3 – 2 – 4
c.4 – 2 – 1 – 3
d.2 – 3 – 1 – 4

SOAL 2
Perhatikan pantun berikut!
1).Pohon jati pohon bambu
2).Tumbuh rimbun menjadi pagar
3).Menangis adik di depan . . . .
4).Melihat ibu pergi ke pasar.
Kata yang tepat untuk melengkapi pantun agar bersajak sama dengan larik pertama adalah . . . .
a.pintu
c.taman
b.rumah
d.pagar

SOAL 3
Perhatikan larik-larik pantun berikut!
1).Mendapat kawan senang rasanya
2).Bila dimasak dan dimakan
3).Tentu boleh kita berkenalan
4).Ikan laut enak rasanya
Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan . . .
a.4 – 3 – 2 – 1
b.1 – 3 – 2 – 4
c.4 – 2 – 1 – 3
d.2 – 3 – 1 – 4

SOAL 4
Perhatikan pantun berikut!
1).Pohon jati pohon bambu
2).Tumbuh rimbun menjadi pagar
3).Menangis adik di depan . . . .
4).Melihat ibu pergi ke pasar.
Kata yang tepat untuk melengkapi pantun agar bersajak sama dengan larik pertama adalah . . . .
a.pintu
c.taman
b.rumah
d.pagar

SOAL 5
Perhatikan pantun berikut!
Jalan-jalan ke pinggir pantai
Lihat bulan sedang purnama
............................................
.............................................
Baris yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . . . .
a. Jawablah wahai ayah dan bunda
Siapa dia yang tinggi semampai
b. Kalau ingin lekas pandai
Rajin belajar wajib hukumnya
c. Jangan suka membeli tapai
Bisa-bisa sakit perutmu
d. Sungguh indah pemandangan pantai
Minum teh bersama ayah dan bunda

SOAL 6
Kalau ada sumur di ladang
. . .
. . .
Bolehlah kita berjumpa lagi
Kalimat yang tepat untuk melengkapi larik kedua dan ketiga pantun di atas adalah ….
a. Kita boleh mandi sambil berlari
Kalau sedang bermain di ladang
b. Bolehlah kita menumpang mandi
Kalau ada umurku panjang
c. Bolehlah kita menimbanya
kalau ada uang banyak
d. Kita akan mandi bersama
Kalau kita mempunyai umur yang panjang

25). Indikator Soal : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas

SOAL 1 :
Denting jam tengah malam
[…]
Tuk bersujud
Kuagungkan Asma-Mu
Mohon ampunan-Mu
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Bangunkan diriku
B. Terdengar nyaring
C. Kusebut nama-Mu
D. Tepat pukul tiga

SOAL 2 :

Mentari mulai terbit
Ucapkan salam selamat pagi
Senandung burung
Bernyanyi riang
Terbang […]

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang tersebut adalah....
A. di rumput hijau C. jalan setapak
B. pinggir sawah D. di angkasa raya


Soal 3:
Rindu ini membeku
[…]
Rindu yang tak pernah usai
Meski laju putaran waktu
Bergulir tak kenal henti
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Hentikan asa kehidupan
B. Pemandangan alam indah
C. Rembulan tampak penuh
D. Mentari di balik bukit pohon teh

Soal 4
Daun kering gugur
Tanah kerontang
Rumput kuning
Semua menunggumu
[…]
Kau sumber kehidupan

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Batu kerikil
B. Awan datang
C. Langit cerah
D. Air hujan

26). Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL 1 :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Rina : Apa-apaan sih? Kok posterku disobek?
(menahan marah)
Aji : […]
Rina : Maaf..maaf enak saja!
Aji : (dengan amat menyesal)
Iya deh, aku ganti postermu. Tapi kamu mau maafin aku kan?
Rina : Ya. Lain kali kamu jangan ceroboh.
Aji : (dengan tersenyum)
Oke, Bos!

Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah...

A. Maafin aku Rina. Aku tidak sengaja.
B. Maafin aku Aji. Aku tidak sengaja.
C. Begitu saja kok kamu marah, Rin.
D. Baiklah aku akan beli yang baru.

Soal 2:

Perhatikan kutipan naskah drama berikut!

Maya : Pokoknya, Ibu harus setuju!
Ibu : (menarik napas panjang kecewa)
Dengan apa Ibu membayarnya?
Maya : (terkejut dan gugup)
Kan masih lama, Ibu.
Ibu : Biaya kursus cukup besar, Maya.
Maya : […]
Ibu : (dengan tersenyum)
Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.


Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ...
A. Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.
B. Maya, kita sekarang lagi kesulitan.
C. Coba kamu mengerti kondisi Ibu.
D. Baiklah Ibu akan beli yang baru.

SOAL 3
Bacalah kutipan drama berikut!

1. Putri : Reno....! Kau jangan bersikap tidak sopan kepada orang tua!
2. Reno : Biarin aja, toh mereka tidak peduli.
3. Putri : Bukannya tidak peduli, tapi
mereka sibuk mencari uang buat kita anak-anaknya.
4. Reno : Itu hanya alasan saja! [mondar mandir seperti orang kebingungan]
5. Putri : Reno jika dinasihati itu, cobalah dituruti jangan menuruti kemauanmu saja!


Perbaikan kesalahan petunjuk laku nomor 4 pada naskah drama tersebut adalah ...
A. (Reno tertawa geli, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)
B. (Sambil menggerutu, dari teras Reno masuk ke dalam rumah.)
C. (Sambil melotot matanya, dari teras Putri masuk ke dalam rumah.)
D. (Putri terkekeh, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar